Home » » SOAL PERSIAPAN UJI KOMPETENSI GURU 2012

SOAL PERSIAPAN UJI KOMPETENSI GURU 2012

Written By Kang Isis on Sabtu, 13 Oktober 2012 | 6:15:00 AM


Ini saya copas dari blognya pak Isharmanto, baik kalau dibaca guru guru biologi se Nusantara setidaknya menambahkan wawasan guru biologi menjadi prima , semoga bermanfaat
Menjelaskan hakikat biologi sebagai ilmu
Menerapkan langkah-langkah dalam metode ilmiah
Disajikan suatu kasus, peserta mampu menentukan variable pengamatan
Menerapkan keterampilan proses sains dalam mempelajari biologi permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, komu nitas , ekosistem, dan biosfer)
Menganalisis ruang lingkup Biologi dan hubungannya dengan ilmu-ilmu lain
Mencontohkan penerapan hukum biologi secara kuantitaif dan kualitatif dalam memecahkan permasalahan sehari-hari
Menganalisis perbedaan virus dengan mahluk hidup lain
Mengidentifikasi tahapan dalam replikasi virus
Menjelaskan peran enzim dalam virus
Menganalisis peran virus dalam kehidupan
Menjelaskan perkembangbiakan paraseksual pada bakteri
Mengidentifikasi fungsi endospora pada bakteri
Mencontohkan bakteri-bakteri penyebab penyakit
Menidentifikasi ciri protozoa patogen
Menganalisis peran jamur bagi manusia
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman
Mengidentifikasi tumbuhan dalam suatu takson
Mengidentifikasi macam-macam cara pemencaran tumbuhan
Membedakan karakteristik monokotil dan dikotil
Mengidentifikasi ciri-ciri suatu jenis cacing parasit
Menjelaskan komponen ekosistem yang berperan sebagai pengurai
Menganalisis akibat pencemaran pada komponen ekosistem
Disajika grafik eksploitasi SDA, peserta mampu memprediksi dampak yang akan terjadi
Menganalisis gangguan yang terjadi pada suatu ekosistem akibat kerusakan lingkungan
Menganalisis struktur DNA
Menganalisis jumlah kromosom pada sel kelamin
Menganalisis komposisi kromosom dalam sel kelamin
Menjelaskan hubungan antara DNA dan RNA
Menjelaskan urutan basa nitrogen pada RNA yang dapat terbentuk dalam proses transkripsi suatu DNA
Menganalisis karakteristik proses pembelahan mitosis dan meiosis,
Menganalisis genotip dan fenotip hasil suatu persilangan
Menentukan jumlah gamet dalam suatu individu dengan genotip tertentu
Menjelaskan jenis jenis mutasi
Menjelaskan prinsip dasar Bioteknologi
Menjelaskan peran metode kultur jaringan dalam menghasilkan produk bioteknologi
Menjelaskan peran enzim dalam rekayasa genetik
Mengidentifikasi fungsi komponen kimiawi dari membran sel
Mengidentifikasi organel tertentu pada sel tumbuhan
Mampu menganalisis peristiwa transpor membran melalui percobaan sederhana
Menunjukkan enzim berdasarkan skema cara kerja enzim
Mengemukakan hubungan antar sistem sirkulasi dengan sistem organ lainnya
Mampu menyimpulkan data hasil percobaan sederhana tentang osmosis
Merasionalkan fakta mengenai xylem dan floem terhadap fungsi dan mekanisme kerjanya
Merasionalkan fakta mengenai struktur bulu akar terhadap fungsi penyerapan air
Merasionalkan fenomena dalam pencangkokan terhadap fungsi dari jaringan pembuluh
Merasionalkan fakta hasil uji amilum terhadap proses pencernaan enzimatis di mulut
Mengidentifikasi macam-macam jaringan ikat
Mengidentifikasi jenis hubungan antar tulang tengkorak
Membedakan sifat kerja pada otot- otot antagonis
Menjelaskan peranan sinar matahari dalam pembentukan vitamin D
Menghitung probabilitas rasio keturunan dari kasus golongan darah
Menjelaskan penyebab serangan jantung
Menjelaskan ciri-ciri otot jantung
Mampu mengaitkan fungsi tracheal cartilage dalam proses pernapasan
Mampu mengaitkan fungsi dari struktur rongga hidung dalam proses inspirasi
Mengurutkan saluran pencernaan pada manusia
Mengidentifikasi bagian saluran pencernaan pada ruminansia
Menjelaskan proses pembentukan urin primer
Menjelaskan fungsi medula spinalis
Mengidentifikasi fungsi alah satu komponen nutrisi dari ASI
Menjelaskan proses aglutinasi darah
Membedakan variabel bebas dan terikat dalam sebuah eksperimen pertumbuhan
Memprediksi pengaruh penghilangan dominasi apikal pada tumbuhan
Menganalisis pengaruh faktor luar terhadap perkecambahan
Menganalisis pengaruh lingkungan terhadap fotosintesis dan respirasi
Menjelaskan katabolisme lemak
Membedakan teori evolusi Lamarck dan Darwin
Mengemukakan bukti baru mengenai teori evolusi
Menentukan variasi objek yang akan diamati pada eksperimen respirasi tumbuhan
Menentukan parameter yang dapat diamati pada eksperimen respirasi
Menjelaskan fungsi kristal KOH dalam percobaan respirasi serangga menggunakan respirometer
APLIKASI SOAL
Soal Uji Kompetensi Guru Biologi SMA
1. Gen atau DNA mengontrol sifat makhluk hidup dengan cara
* A. melakukan pembelahan sel
* B. mensintesis protein
* C. menentukan fenotip
* D. menentukan genotip
2. Hubungan gen dengan kromosom dapat ditunjukkan oleh pernyataan berikut , kecuali ….
* A. gen menempati lokus-lokus tertentu dalam kromosom
* B. gen terdapat dalam kromosom
* C. gen/DNA bersama protein histon membentuk struktur kromatin
* D. gen/DNA bersama-sama kromosom menentukan sifat makhluk hidup
3. Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh …..
* A. urutan basa-basa yang menyusun DNA
* B. ikatan basa – gula – fosfat
* C. jumlah basa yang menyusun DNA
* D. nukleotida penyusun DNA
4. Unit terkecil dari DNA adalah…….
* A. nukleotida
* B. nukleosida
* C. nukleosom
* D. nukleoid
5. Dalam suatu molekul DNA jumlah basa purin = jumlah basa pirimidin sebab
* A. basa A selalu berpasangan dengan T, basa G selalu berpasangan dengan C
* B. jumlah A = T, jumlah G = C
* C. basa A + G = basa T + C
* D. semua jawaban benar
6. Kromosom yang memiliki 2 lengan sama panjang disebut ……
* A. kromosom metasentrik
* B. kromosom sub meta sentrik
* C. kromosom akrosentrik
* D. kromosom telosentrik
7. Yang membedakan kariotip laki-laki dengan perempuan adalah
* A. Laki-laki memiliki kromosom akrosentrik lebih sedikit disbanding perempuan
* B. kromosom kelompok C pada wanita terdiri dari kromosom nomor 6-12 + 2 kromosom X
* C. kromosom pada laki-laki berjumlah 45 pada wanita berjumlah 46
* D. perempuan memiliki kromosom submetasentrik lebih sedikit dibanding laki-laki
8. Bagian ujung – ujung kromosom yang dapat membedakan sel muda dan sel yang sudah tua adalah….
* A. centromer
* B. lengan
* C. telomer
* D. kromatin
9. Yang dimaksud genom adalah
* A. seluruh DNA yang dimiliki individu
* B. seluruh DNA dalam kromosom haploid
* C. DNA yang ada di dalam sel soma
* D. Seluruh DNA yang ada dalam kromosom diploid
10. Urutan organisasi pengemasan DNA yang benar adalah ……..
* A. kromosom – kromatin – gen – DNA
* B. DNA – gen – kromatin – krom osom
* C. DNA – nukleosom – solenoid – kromatin – kromosom
* D. Kromatin – kromosom – nukleosom – DNA II. Soal Essai
11. Informasi genetik yang dimiliki makhluk hidup tingkat tinggi terdapat dalam bentuk
* A. kromosom
* B. RNA
* C. DNA
* D. DNA dan RNA
12. Pernyataan yang paling tepat untuk hubungan gen dengan DNA
* A. gen adalah DNA sedangkan DNA belum tentu gen
* B. DNA adalah material genetik yang menentukan fungsi gen
* C. Gen menentukan sifat makhluk hidup dengan bantuan DNA
* D. Urutan basa DNA menentukan fungsi gen
13. Replikasi DNA terjadi secara semi konservatif, hal ini mengandung arti
* A. dua pita DNA akan memisah, salah satu pita akan mencetak pita DNA baru
* B. dua pita DNA akan memisah dan masing-masing berfungsi sebagai cetakan pita DNA baru
* C. dua pita DNA akan mencetak pita DNA baru
* D. pita DNA induk akan mencetak pita baru secara berselangseling
14. Pernyataan berikut benar tentang proses pencetakan RNAm oleh DNA, kecuali ……..
* A. prosesnya dikenal sebagai proses transkripsi
* B. pita DNA cetakan adalah pita 3’ – 5’
* C. pita RNAm yang dicetak adalah pita 5’ – 3’
* D. prosesnya dikatalisis oleh enzim DNA polimerase
15. Bila pita DNA cetakan mengandung basa AAG GCC TTC TGC maka RNAm yang ditranskrip akan memiliki urutan basa …
* A. TTC CGG AAG ACG
* B. AAG GCC TTC TGC
* C. UUC CGG UUC ACG
* D. TTC GCC AAC TCG
16. Struktur DNA double helix menurut Watson & Crick adalah hal-hal berikut ini, kecuali
* A. basa nitrogen akan berikatan dengan gula pada C nomor 1
* B. nukleotida satu dengan lainnya dihubungkan oleh ikatan fosfodiester
* C. basa-basa saling berpasangan A – G,dan C – T
* D. basa nitrogen yang satu dihubungkan dengan basa lainnya melalui ikatan hidrogen
17. Pada tahap inisiasi translasi terjadi hal-hal berikut, kecuali
* A. RNAm menempatkan diri didalam ribosom sub unit kecil
* B. RNAm ditransfer keluar dari inti
* C. Ribosom membaca kodon-kodon pada RNAm
* D. Terjadi penggabungan ribosom sub unit kecil dan besar
18. Dimanakah proses replikasi, transkripsi dan translasi berlangsung ?
* A. replikasi dan transkripsi terjadi di inti sel, translasi terjadi di sitoplasma
* B. replikasi terjadi di inti sel, transkripsi dan translasi di sitoplasma
* C. replikasi terjadi di sitoplasma, transkripsi dan translasi di intisel
* D. transkripsi terjadi di inti sel, replikasi dan translasi di sitoplasma
19. Pada proses replikasi DNA arah 3’-5’ terjadi secara diskontinyu, sebab
* A. proses replikasi terjadi secara semikonservatif
* B. proses perpanjangan DNA selalu dalam arah 5’ – 3’
* C. terbentuk fragmen okazaki
* D. dikatalisis oleh enzim DNA polimerase
20. Informasi genetik dipindahkan dari satu sel induk ke sel anak melalui proses…
* A. pembelahan sel
* B. replikasi
* C. transkripsi
* D. translasi
21. Yang dimaksud mutasi adalah………
* A. perubahan sifat pada makhluk hidup
* B. perubahan pada gen yang sifatnya menetap dan dapat menyebabkan perubahan genotip
* C. proses yang menyebabkan munculnya sifat abnormal
* D. proses yang menyebabkan terjadinya evolusi
22. Mutasi dapat terjadi secara spontan maupun diinduksi. Berikut ini adalah contoh sifat yang timbul karena mutasi yang diinduksi
* A. penyakit kanker kulit
* B. kelainan hemoglobin
* C. semangka tidak berbiji
* D. varietas padi unggul
23. Mutagen atau agen penyebab mutasi yang dayanya rendah adalah …..
* A. sinar alfa
* B. neutron
* C. asam nitrat
* D. sinar ultra violet
24. Kodon AUG berubah menjadi AUA. Ini merupakan contoh mutasi……
* A. mutasi salah arti (missens mutation)
* B. mutasi tanpa arti (nonsense mutation)
* C. mutasi insersi
* D. mutasi semu (silent mutation)
25. Berikut ini mana contoh mutasi transversi
* A. AG CT
* B. AT GC
* C. AT CG
* D. GC AT
26. Mutasi berikut ini mana yang disebabkan oleh mutagen HNO2
* A. deaminasi adenin menjadi hipoxantin
* B. deamionasi citosin menjadi xantin
* C. perubahan AG menjadi TC
* D. perubahan Timin menjadi urasil
27. Mutagen dibawah ini mana yang mengakibatkan mutasi Timin dimer ?
* A. ion radioaktif
* B. sinar ultra violet
* C. sinar infra merah
* D. sinar X
28. Perubahan kodon triplet dari CTT menjadi CTA ataupun CTG tidak berpengaruh terhadap protein yang disintesis sebab ketiganya mengkode asam amino yang sama yaitu leusin. Kasus mutasi ini dikenal dengan istilah…..
* A. mutasi silent
* B. mutasi nonsens
* C. mutasi missens
* D. mutasi frameshift
29. Penyakit anemia sel sabit merupakan salah satu contoh kejadian mutasi. Berikut ini mana pernyataan yang tidak benar
* A. terjadi perubahan kode pada basa ke enam rantai beta
* B. penderita memiliki eritrosit berbentuk sabit
* C. penderita mengalami kelainan hemoglobin
* D. hemoglobin penderita dikenal sebagai hemoglobin A (HbA)
30. Contoh penyakit akibat mutasi oleh sinar ultra violet
* A. kanker hati
* B. kanker kulit
* C. eritrosit bentuk sel sa
Untuk kunci silahkan cekidot ke blog sumber nya.
Sumber: http://biologigonz.blogspot.com/2012/07/soal-uji-kompetensi-guru-2012-draft.html
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Up To Date - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger